Berita Terbaru
Loading...
Senin, 03 November 2014

Aneka Usaha Rumahan Untuk Mahasiswa Modal Kecil

02.20
Aneka Usaha Rumahan Untuk Mahasiswa Modal Kecil
Usaha Rumahan ~ Menjadi mahasiswa merupakan salah satu kebanggaan tersendiri. Tidak semua pemuda yang telah menyelesaikan pendidikannya di jenjang sekolah menengah atas dapat melanjutkan pendidikan ke peerguruan tinggi. Namun seringkali gelar mahasiswa menjadi gelar yang hanya isapan gelar atau bahkan dianggap tidak penting lantaran banyaknya lulusan sarjana yang ternyata masih banyak yang menganggur.

Sesuai data dari BPS, bahwa jumlah pengangguran pada februari 2014 mencapai 5,7 %. dan 4,31 % dari seluruhnya merupakan lulusan perguruan tinggi. Ini tentu menjadi keprihatinan karena sarjana yang digadang gadang menjadi seorang agen perubahan justru menjadi pengangguran. Dan lebih banyak lagi lulusan sarjan yang tidak bekerja sesuai dengan bidang kerja atau masih jauh dari UMR. Ini disebabkan oleh banyak faktor, dan faktor tersebut sebenarnya dapat ditanggulangi apabila mahasiswa bisa lebih kreatif untuk menjalankan usaha rumahan semenjak masih duduk dibangku perkuliahan.

Ada beberapa alasan mengapa seorang mahasiswa dianjuarkan untuk menjalankan usaha rumahan diantaranaya :
  • Usaha rumahan melatih mahasiswa untuk lebih mandiri
  • Usaha rumahan menjadikan mahasiswa terhindar dari perilaku negatif karena banyaknya waktu kosong
  • Bisnis rumahan tidak membutuhkan modal banyak karena nihil dari biaya sewa tempat sehingga resiko kerugian dapat diminimalisir
Dari keuntungan - keuntungan tersebut diharapkan mahasiswa akan lebih siap selepas lulus dari perguruan tinggi sehingga tidak terkejut saat mereka telah lepas dari bangku perkuliahan. Namun demikian yang harus diperhatikan adalah bahwa pendidikan harus tetap dinomor satukan. Sehingga kemampuan dalam memenej waktu akan sangat penting dalam menyelaraskan jadwal kuliah dengan aktifitas bisnis.

Aneka Usaha Rumahan Untuk Mahasiswa Modal Kecil

Beberapa contoh bisnis rumahan yang dipandang tepat untuk mahasiswa dilihat dari berbagai faktor seperti pembagian waktu, faktor penggunaan tenaga dan pikiran. Berikut ini adalah contoh bisnis rumahan yang bisa anda jalankan selagi anda masih kuliah diantaranya adalah : 

Usaha Rumahan Online

Bisnis online sudah menjadi salah satu jenis usaha yang paling diminati oleh banyak kalangan. Menurut data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia pada tahun 63 juta penduduk dan meningkat menjadi 71,19 juta pada tahun 2013. Pada tahun 2014 tepatnya bulan april jumlah penduduk yang aktif di internet adalah sekitar 28% dari keseluruhan penduduk di Indonesia, dengan kata lain ada peningkatan 17 % pertahun penduduk yang menjadi pengguna aktif internet.

Dari penjelasan diatas, sudah barang tentu menjadikan usaha rumahan online semakin bersinar terlebih dengan munculnya berbagai peluang usaha yang marak selama satu dekade terakhir seperti Google Adsense, Youtube, Internet Marketing dan Toko Online. Khusus untuk toko online, perkembangan toko online semakin melebar ke banyak sekali produk yang ditawarkan bahkan ke hal - hal kriminal seperti jasa pembunuh bayaran. Ini membuktikan bahwa potensi bisnis rumahan online masih sangat terbuka lebar dengan memberi banyak sekali kesempatan bagi masyarakat untuk mengais rejeki dari dunia maya.

Bagi anda seorang mahasiswa yang ingin memiliki penghasilan jutaan hingga puluhan juta rupiah perbulan, anda bisa mencoba menjalankan bisnis online sesuai dengan bakat dan minat anda. Jika anda memiliki kemampuan untuk menulis maka menjadi publisher atau blogger adalah salah satu ide bisnis online yang tepat, jika anda memiliki hobi rekam video, cobalah unggah video unik anda ke Youtube dan segera monetize agar anda dapat meraup ribuan dolar dari video anda. dan berikut ini adalah artikel berjudul : 

Usaha Rumahan jasa penterjemah

Khusus bagi anda yang memiliki kemampuan bahasa asing. Ada baiknya anda menjalankan usaha jasa penterjemah. Selain modal yang diperlukan tidaklah besar, anda juga bisa mengerjakannya kapanpun sesuai dengan pembagian waktu yang telah anda atur. Anda bisa mengerjakannya di rumah, di kampus atau ditempat lain.

Usaha ini lebih berfokus pada kemampuan anda dalam menerjemahkan suatu teks. Teks teks tersebut ada yang berupa buku - buku literatur yang lazim digunakan sebagai bahan referensi perkuliahan atau bisa juga novel atau karya sastra yang tertulis dalam bahasa asing.penghasilan yang didapat juga terbilang lumayan tergantung dari banyak sedikitnya teks yang anda terjemahkan.

Usaha Rumahan Bisnis Jualan Pulsa

Handphone pada beberapa dekade yang lalu masih dikategorikan sebagai barang mewah. Namun kini telepon genggam bukanlah barang istimewa yang dimiliki oleh sebagian kalangan saja. Handphone kini menjadi salah satu jenis kebutuhan yang mampu menggeser posisi kantor pos dan wartel. Seiring dengan peningkatan jumlah pengguna Handphone, maka konsumsi pulsa pun semakin meningkat, terlebih kini handphone bukan hanya sebagai sarana untuk mengirim sms, atau melakukan panggilan. Namun juga menjadi alat untuk erselencar di dunia maya guna mencari informasi maupun sekedar bercanda ria di jejaring sosial macam FB dll.

Dengan kebutuhan yang semakin besar ini, membuat prospek bisnis rumahan jualan pulsa semakin besar. Salah satu keuntungan usaha rumahan ini salah satunya juga adalah karena modal yang digunakan tidak terlalu besar, anda hanya perlu mempersiapkan handphone dan membeli deposit pulsa yang bisa anda dapatkan minimal seharga Rp. 50.000,-. Meski keuntungan terhitung kecil untuk setiap transaksi namun apabila anda bisa menarik banyak pelanggan maka bukan tidak mungkin dari bisnis jualan pulsa anda akan semakin kaya dengan berkembangnya bisnis anda.

Usaha Rumahan Kerajinan Tangan

Setiap manusia diberi kemampuan yang berbeda - beda yang dapat ia gunakan untuk berbagai keperluan salah satunya adalah untuk mencari penghidupan. Diantara banyak kemampuan yang dimiliki oleh sebagian orang diantaranya adalah kemampuan artistik atau seni. Salah satu seni yang bisa menghasilkan adalah kerajinan tangan. Anda bisa mengubah barang mentah menjadi barang yang bernilai seni atau menggunakan barang sampah yang tidak terpakai kemudian anda rubah menjadi barang yang memiliki kegunaan tertentu.

Dibidang fashion, anda bisa membuat berbagai pernak - pernik atau aksesoris khususnya aksesoris wanita yang dapat anda jual di dunia nyata maupun melaui dunia maya. Contoh lain adalah penggunaan enceng gondok untuk membuat selimut, dan termasuk pula bungkus kopi yang dapat dirubah menjadi tas atau dompet. Dalam hal ini keuntungan yang didapat akan sangat bervariasi tergantung nilai kreatifitas dari barang yang anda hasilkan

Usaha Rumahan Kuliner

Inilah salah satu contoh mahasiswa yang kreatif yang dengan semangatnya kini mampu menghasilkan omzet hingga ratusan juta rupiah dari bisnis kuliner. Dia adalah Ranto Ari Pratama yang telah sukses merintis Tahu Tek Cak Ari sejak tiga tahun yang lalu dan hingga kini, ia telah memiliki lebih dari 20 gerai. Dari berbagai sumber, ada banyak mahasiswa yang telah sukses menjadi seorang pengusaha bahkan sebelum mereka lulus kuliah. 

Bisnis kuliner merupakan bisnis yang tidak ada matinya dan akan terus ada selama manusia masih membutuhkan makanan. Anda bisa membuka usaha kuliner seperti makanan ringan, makanan gorengan atau menjadi reseller dari produk kuliner. Bisnis ini menjadi salah satu usaha rumahan yang paling menggiurkan yang bisa anda jalankan guna menambah uang saku anda atau bukan tidak mungkin anda akan menjadi seorang jutawan dan milyarder bahkan sebelum anda lulus kuliah.

Bagaimana apakah anda tertarik untuk mencoba salah satu jenis bisnis diatas? yang harus anda camkan adalah segala sesuatunya butuh proses sehingga ketika anda menjalankan bisnis apapun termasuk usaha rumahan yang telaha saya sebutkan diatas, maka anda harus siap utnuk menerima segala konsekuensi serta harus siap untuk terus berproses. Baca juga : Peluang Usaha sampingan Modal Kecil Untuk Pelajar Dan Mahasiswa

Semoga artikel tentang Aneka Usaha Rumahan Untuk Mahasiswa dan pelajar Modal Kecil dapat bermanfaat untuk anda.

0 komentar:

Posting Komentar