Berita Terbaru
Loading...
Selasa, 09 Juni 2015

Peluang Usaha Rumahan Budidaya Lele Di Kolam Terpal

11.34
Peluang Usaha Rumahan Budidaya Lele Di Kolam Terpal
Peluang Usaha Rumahan~  Bagi masyarakat Indonesia, siapa yang tidak mengenal ikan lele? salah satu jenis ikan air tawar yang sangat terkenal dan digemari oleh masyarakat Indonesia karena rasa dagingnya yang khas dan gurih. Ikan ini memiliki tingkat permintaan yang tinggi terlebih beberapa pengusaha kemudian semakin kreatif dengan membuat berbagai jenis makanan olahan lele diantaranya adalah pecel lele LELA yang sudah sangat terkenal. Dengan harganya yang relatif murah membuat ikan lele menjadi salah satu makanan favorit khususnya masyarakat Indonesia.

Peluang Usaha Rumahan Budidaya Lele Di Kolam Terpal
Karekteristik Ikan lele

Sebelum anda menjalankan peluang usaha rumahan budidaya ikan lele, ada baiknya anda mengetahui karakteristik ikan lele sehingga anda dapat membudidayakannya dengan metode yang tepat karena seperti yang kita tahu, usaha ternak atau perikanan seringkali memiliki indikator keberhasilan diantaranya adalah suhu dan intensitas cayaha. Untuk itu, pengenalan tentang hewan air yang satu ini perlu anda ketahui guna menghasilkan hasil yang optimal.

Ikan lele termasuk pada ikan dataran rendah sehingga dapat hidup dengan baik di suhu 28 - 30 derajat celcius. Apabila ikan lele dipelihara dibawah suhu 28 derajat celcius maka pertumbuhan ikan akan melambat sehingga akan menambah biaya produksi khususnya pakan dan sebaliknya apabila lele dibudidayakan di kisaran suhu lebih dari 30 derajat celcius akan menimbulkan efek stress pada ikan sehingga bisa mengakibatkan kematian.

Ikan berkumis ini juga dapat hidup di air yang memiliki kadar oksigen rendah. Tak hanya itu, karakteristik ikan yang satu ini adalah memiliki sifat kanibal atau memakan sesamanya. Maka, agar tidak terjadi makan memakan diantara lele - lele yang kita pelihara perlu dilakukan pemisahan sesuai dengan ukuran ikan lele. Selain itu, sebab terjadinya kanibalisme ikan lele adalah kurangnya pakan sehingga ikan lele lapar dan kemudian memakan lele yang lebih kecil ukurannya.

Untuk mencapai hasil optimal. jangan memelihara ikan lele ditempat yang terlalu terik karena pada habitat aslinya ikan lele lebih menyukai tempat yang teduh namun tidak terlalu dingin.

Permintaan Pasar
peluang usaha rumahan budidaya ikan lele tergolong masih stabil. Berdasarkan data dari departemen perikanan. Sesuai dengan data yang diperoleh dari Direktorat Jenderal Perikanan Budi Daya, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), diketahui bahwa permintaan pasar nasional untuk kebutuhan ikan lele adalah 670.000 ton pada tahun 2013 dan diprediksi akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Sumber :
www.djpb.kkp.go.id

Dikatakan bahwa, peluang usaha rumahan ikan lele tergolong sebagai usaha unggulan karena modal yang digunakan relatif rendah dengan keuntungan bisa mencapai dua kali lipat. Harga ikan lele relatif stabil untuk perkilo gramnya mencapai Rp. 20.000 / kg lebih tinggih dibanding ikan nila atau mujair. Dengan kemampuan pertumbuhan yang cepat, usaha rumahan budidaya ikan lele dapat anda jadikan sebagai bisnis rumahan yang sangat menguntungkan. 

Apakah anda tertarik untuk menjalankan peluang bisnis rumahan budidaya ikan lele? simak kelanjutan artikel ini khusus membahas analisa usaha budidaya ikan lele dalam terpal dan kolam pembesara.

0 komentar:

Posting Komentar