Berita Terbaru
Loading...
Minggu, 10 Januari 2016

Memulai Peluang Usaha di Bidang Jasa Pendidikan

22.55
Memulai Peluang Usaha di Bidang Jasa Pendidikan

Memulai Peluang Usaha di Bidang Jasa Pendidikan

Memulai Peluang Usaha di Bidang Jasa Pendidikan - Halo Sobat semua, akhirnya blog ini saya update kembali setelah sekian lama vakum tanpa update postingan. Bukan karena saya sudah tidak mencintai blog ini, tetapi karena beberapa bulan terakhir, saya sedang disibukkan dengan bisnis baru yang saya bangun. Tapi jangan khawatir, seperti biasa, saya akan ceritakan bisnis baru apa yang saya bangun, serta tips usaha tersebut. Pastinya usaha saya yang baru ini berhubungan dengan judul postingan artikel ini, yaitu usaha di bidang jasa pendidikan.

Berawal dari Ajakan Teman

Oke, langsung saya sebutkan nama usahanya ya, namanya adalah Language Center, yaitu suatu lembaga kursus bahasa Inggris di kampung Inggris. Hah.. apa itu Kampung Inggris? mungkin ada sebagian dari kamu yang belum tau apa itu Kampung Inggris, ya wajar saja sih. Saya saja yang asli daerah di sekitar Kampung Inggris, juga baru ngeh kalau daerahku ini punya sebutan Kampung Inggris, haha.. parah kan. Oke, bagi sobat yang belum paham apa itu kampung Inggris, bisa cari informasinya ke mbah google ya, banyak sekali informasi yang bisa kamu dapat tentang Kampung Inggris. Atau kalau gak mau pusing dan repot, bisa baca informasi lengkap tentang kampung Inggris di sini : Kampung Inggris Pare.



Awalnya saya ragu ketika diajak temen  mendirikan lembaga kursus bahasa inggris. Karena jujur waktu itu saya belum "ngeh" dengan potensi sesungguhnya dari Kampung Inggris. Saya kaget setelah melakukan riset singkat tentang bisnis ini, ternyata potensinya sangat luar biasa. Kamana saja saya selama ini? itu pertanyaan yang pertama kali muncul ketika menyadari betapa besar potensi yang ada di daerah saya lahir. Mungkin karena saya mengenal pertama kali yang namanya bisnis itu saat di Bogor, Jakarta, Bandung, Depok, dan kota-kota besar lainnya, sehingga menganggap bahwa potensi besar bisnis hanya ada di pusat perkotaan.

Memulai Usaha 

Setelah saya mengetahui potensi bisnis di kampung Inggris, segera saya melakukan riset yang lebih mendalam. Mulai dari persaingan bisnis, potensi pengembangan, infrastuktur, dan lainnya. Saat itu saya juga masih menjalankan bisnis toko online dan publisher adsense. Semakin saya riset secara mendalam, semakin jelas potensi besar di Kampung Inggris. Akhirnya saya menghubungi teman saya kembali dan memutuskan untuk bergabung. Untuk bisnis toko online dan adsense, juga masih tetap berjalan, tetapi memang porsinya saya kurangi. Fokus saya saat ini memulai usaha baru lembaga kursus, dan membesarkannya.

Saya bersama tiga orang teman memulai bisnis lembaga kursus bahasa inggris ini, mulai dari nol, meskipun untuk pengalaman sama sekali bukan dari nol karena masing-masing dari kami sudah berpengalaman di bidang masing-masing. Ada satu teman yang bagian program, beliau adalah orang lama di dunia lembaga kursus di Kampung Inggris. Pengalaman mengajarnya sudah belasan tahun dan juga berpengalaman mengelola  lembaga kursus di kampung Inggris. Teman saya satunya lagi ada di bagian infrastruktur. Beliau adalah pemilik tempat kost/ asrama di kampung Inggris yang bernama Cordoba House. jadi untuk masalah camp/ asrama atau tempat tinggal, semuanya sudah beres di tangan teman saya yang satu ini. Sedangkan saya, sesuai dengan backgroud saya di marketing khususnya di marketing online, saya memegang semua urusan marketing perusahaanm baik marketing online maupun markeing offline.

Usaha Berjalan

Karena tim kami sudah cukup berpengalaman, maka Alhamdulillah dalam waktu singkat usaha kami langsung berjalan setelah beberapa hari lembaga kursus Language Center - LC Kampung Inggris. didirikan. Di sini saya akan lebih banyak membahas dari sisi marketingnya, karena bagian ini adalah bagian yang saya sendiri pegang, jadi bisa lebih lengkap, detail, dan akurat. Saat ini saya full 100 % menggunakan marketing online. Dan Alhamdulillah sangat efektif dalam promosi dan mendapatkan siswa.

Marketing online yang saya lakukan intinya adalah mengenalkan LC Kampung Inggris ke sebanyak-banyaknya orang. Artinya mendatangkan traffice sebanyak-banyaknya ke website LC kampung Inggris. Metode yang saya gunakan dalam mendatangkan traffic ke website, ada tiga yaitu : (1) Pencarian organik dari mesin pencari dengan SEO, (2) Paid Traffice dengan Google Adwords dan Facebook ads, dan (3) Sosial media ( facebook, twitter, Instagram, Google plus, dan youtube.

Ketiga metode tersebut akan saya bahas satu per satu secara detail dan mendalam di tulisan saya berikutnya. Karena memang membutuhkan pembahasan yang sangat banyak. Kalau untuk sosial media,  sudah ada banyak tulisan saya di blog masfrandy ini. Berikut adalah tulisan saya yang berkaitan dengan social media marketing :

Cara Menghasilkan Uang dari Internet Dengan Media Sosial.
Cara Menghasilkan Uang dari Internet dengan Facebook.
Cara menghasilkan uang dari Internet dengan Mudah Melalui Youtube

Demikian tadi cerita saya dalam memulai usaha di bidang jasa pendidikan yaitu kursus bahasa Inggris LC kampung Inggris. Apapun bisnis yang ingin kamu mulai, ilmu marketing adalah hal mutlak yang harus kamu kuasai. Di zaman serba canggih saat ini, marketing online menjadi sangat powerfull dan efektif. Semoga bermanfaat, tunggu tulisan saya berikutnya yang akan membahas secara detail tentang teknik marketing online yang saya lakukan

0 komentar:

Posting Komentar