Berita Terbaru
Loading...
Kamis, 14 Januari 2016

Tips Sukses Memajukan Usaha Laundry

02.05
Tips Sukses Memajukan Usaha Laundry
Kesibukan masyarakat yang terus bertambah membuat mereka tidak punya waktu lagi untuk mencuci bajunya. Kondisi ini merupakan sebuah kesempatan bagus membuka peluang usaha laundry atau jasa cuci pakaian. Modalnya kecil, namun hasilnya sangat besar. Jenis usaha dibidang jasa laundry ini bisa dijadikan sebagai usaha rumahan.

Tips Sukses Memajukan Usaha Laundry

Pengetahuan
1. Sebelum membuka usaha laundry, seharusnya mengenal lebih dahulu jenis kain atau pakaian  dan noda kotoran yang sering menempel berikut cara membersihkan atau menghilangkannya. Selain itu pelaku usaha laundry juga harus tahu teknik pencucian pakaian yang baik termasuk proses pengeringannya.
Tujuan dari pengenalan ini adalah untuk menghindari kerusakan pada pakaian yang dilaundry. Mungkin jika ada kerusakan, pemilik usaha laundry bisa mengganti kerugian tersebut dengan uang. Akan tetapi tidak selamanya konsumen senang diberlakukan dengan cara seperti itu.
Banyak konsumen yang tetap tidak puas meski sudah diganti kerugiannya oleh pemilik usaha laundry. Bisa jadi pakaian tersebut memilki nilai kenangan khusus yang tidak bisa digantikan dengan uang. Kemungkinan lain, bajunya tidak dapat dicari lagi karena sudah tidak ada yang menjual.
Itulah pentingnya pengelola usaha laundry mengenal teknik-teknik yang berhubungan dengan cara mencuci pakaian. Perlu dipahami pula, tidak semua noda dan kotoran dapat dibersihkan dengan mesin, tetapi harus menggunakan metode manual.
2. Pola manajemen
Ilmu lain yang perlu dikuasai dalam pengembangan usaha laundry yaitu manajemen, terutama yang berkaitan dengan tenaga kerja. Pegawai yang dipekerjakan dalam bisnis jasa laundry ini harus tahu pula pengetahuan seperti yang telah disebutkan di atas.
Satu hal lagi, urusan adminitrasi harus tetap dipegang pengelola usaha laundry sendiry. Tujuan dari penerapan sistem ini adalah agar pegawai tersebut bisa lebih berkonsentrasi menjalankan tugas utamanya.
Bahkan jika perlu, antara tugas mencuci serta menyetrika dilakukan orang yang berbeda agar semua order dapat selesai lebih cepat. Ketepatan waktu adalah hal penting untuk memajukan usaha laundry. 
Strategi usaha laundry berikutnya hampir sama dengan bidang bisnis jasa lain, seperti layanan yang ramah, pemilihan lokasi yang strategis dan seterusnya.
Pemberian bonus merupakan bentuk lain dari upaya mengikat konsumen agar jadi pelanggan tetap. Misalnya dikasih kupon tiap mencucikan 5 kilo baju. Setelah terkumpul 10 kupon, bisa dipakai mencuci 2 kilo pakaian secara gratis.
Teknik ini akan membuat konsumen semakin senang jadi pelanggan tetap usaha laundryyang kita kelola. Selamat berusaha dan berkarya.

1 komentar:

  1. Setiap orang pasti ingin sukses, tapi tidak semua orang yang berkorban dan serius untuk menggapai sukses.

    BalasHapus