Berita Terbaru
Loading...
Minggu, 10 Januari 2016

Tantangan Menjalankan Bisnis Rumahan dan Cara Mengatasinya

23.05
Tantangan Menjalankan Bisnis Rumahan dan Cara Mengatasinya

Tantangan Menjalankan Bisnis Rumahan dan Cara Mengatasinya

Tantangan Menjalankan Bisnis Rumahan. Tulisan sebelumnya kita sudah membahas tentangkeuntungan  menjalankan bisnis rumahan. Dalam perjalanan bisnis, pasti akan mengalami yang namanya rintangan, tantangan, dan berbagai hambatan. Apapun jenis bisnisnya, pasti ada sisi kekurangannya begitu juga dengan bisnis rumahan.

Tantangan Menjalankan Bisnis Rumahan

Kali ini saya akan membahas tantangan yang dihadapi dalam menjalankan bisnis rumahan. Di tulisan sebelumnya telah kita bahas hal-hal indah tentang menjalankan bisnis rumahan. Kali ini saya akan membahas di sisi lain yaitu hambatan dan tantangan yang dihadapi serta bagaimana cara mengatasinya.

Tantangan Menjalankan Bisnis Rumahan

1. Rasa Malas Bekerja

Tantangan pertama dan utama yang dihadapi oleh pebisnis rumahan adalah rasa malas pada diri sendiri. Karena bekerja dirumah dan tanpa pengawasan bos, maka seringkali malas ini menjadi masalah utama. Jika pebisnis terus menerus terperangkap dalam lingkaran malas ini, maka cepat atau lambat akan menghancurkan bisnis yang dibangun di rumah.

Cara Mengatasi :  rasa malas muncul bisa karena kebosanan atau karena terlalu berada di zona nyaman. Untuk kasus pertama karena kebosanan, maka solusinya adalah dengan merefresh pikiran dan suasana. sekedar keluar rumah untuk jalan-jalan atau pergi ke tempat perbelanjaan akan sangat membantu memulihkan rasa kebosanan. Untuk kasus kedua, malas yang ditimbulkan karena berada di zona nyaman. Saat bisnis kita sudah mulai berkembang, seringkali kita terjebak dengan namanya zona nyaman. Merasa penghasilan sudah cukup, sistem sudah berjalan, membuat kita merasa sudah cukup dan tidak lagi berusaha melakukan inovasi atau perkembangan bisnis. Apapun itu, yang namanya bisnis selalu dinamis, siapa yang berhenti berkembang akan tertinggal dan mati. Solusi nya adalah dengan memperbanyak silaturahmi ke teman-teman atau orang sukses lainnya. Saat kita hanya di rumah, kita akan merasa sudah hebat, akan tetapi saat kita sering bersentuhan dengan dunia bisnis di luar sana, kita akan banyak menemui orang hebat dan orang yang jauh lebih hebat bisnisnya daripada kita. Sehingga kita akan selalu semangat mengembangkan bisnis rumahan menjadi lebih baik.

2. Produk Sulit Dijangkau Pembeli

Karena bisnis kita di rumah, apalagi rumah lokasi di pelosok, jauh dari keramaian. Bagi sebagian pebisnisnis rumahan akan mengalami kendala produknya tidak bisa dijangkau konsumen.  Solusinya, adalah dengan memperkuat strategi pemasaran offline dan menguasai marketing online. Jika anda jago di strategi online, maka sudah cukup meramaikan lapak anda tanpa buang banyak uang untuk promosi offline.

3. Berbenturan antara Urusan Bisnis dan Keluarga

Seringkali urusan keluarga berbenturan dengan urusan bisnis saat kita menjalankan bisnis di rumah. Hal ini sebenarnya wajar terjadi dan mustahil dihilangkan. Hanya saja, kita bisa meminimalisir terjadinya gesekan keduanya dengan membuat area khusus yang dinamakan area bisnis. Area ini dijadikan khusus untuk melakukan segala aktifitas bisnis, tidak boleh urusan keluarga dibawa-bawa dan dibahas di area ini. Dengan cara ini, paling tidak akan meminimalisir terjadinya benturan kepentingan yang ada

0 komentar:

Posting Komentar