Berita Terbaru
Loading...
Sabtu, 09 Mei 2015

Cara Mudah Bisnis Air Minum Isi Ulang

00.52
Cara Mudah Bisnis Air Minum Isi Ulang

Cara Mudah Bisnis Air Minum Isi Ulang


Pengertian Bisnis Air Minum Isi Ulang
Pengertian Bisnis Air Minum Isi Ulang adalah bisnis dengan cara menjual air yang telah diproses dengan mesin khusus sehingga air tersebut dapat langsung dipergunakan tanpa dimasak terlebih dahulu. Bisnis ini biasanya dilakukan dengan cara membuka suatu depot/gerai yang menyediakan pengisian ulang air dalam botol/galon. Jadi biasanya pembeli membawa botol/galon yang kosong untuk diisi dengan air yang dijual tersebut.

Cara Memulai Bisnis Air Minum Isi Ulang
Bisnis Air Minum Isi Ulang saat ini telah menjamur dibanyak tempat, walaupun demikian karena air merupakan salah satu kebutuhan dasar dari manusia. Maka Bisnis ini tetap saja masih memberikan peluang untuk meraih kesuksesan. Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk terjun dalam Bisnis Air Minum Isi Ulang tidak ada salahnya untuk memperhatikan Langkah-langkah cara untuk memulai Bisnis Air Minum Isi Ulang yaitu sebagai berikut :
  •  Apakah Anda Menyenangi Bisnis Air Minum Isi Ulang
Sebelum anda terjun dalam Bisnis Air Minum Isi Ulang ini, maka tidak ada salahnya untuk bertanya pada diri sendiri apakah senang atau tidak dengan bisnis ini. Kalau tidak maka tidak perlu lagi membaca langkah selanjutnya karena kunci utama dalam Bisnis Air Minum Isi Ulang adalah anda menyenanginya tanpa hal itu sulit untuk meraih kesuksesan
  • Tentukan Lokasi Yang Strategis Untuk Bisnis Air Minum Isi Ulang
Untuk memulai suatu Bisnis Air Minum Isi Ulang, maka memiliki lokasi yang strategis adalah salah satu modal yang penting dalam bisnis ini.
Lokasi strategis untuk Bisnis Air Minum Isi Ulang antara lain sebagai berikut :
  1.  Lokasi Depot/Gerai Air Minum Isi Ulang sebaiknya dipinggir jalan yang ramai dan dapat dilalui mobil yang dapat berpapasan. Semakin lebar jalan semakin baik.
  2. Lokasi Depot/Gerai Air Minum Isi Ulang memiliki tempat parkir yang cukup luas, minimal dapat untuk parkir mobil pelanggan.
  3. Lokasi Depot/Gerai Air Minum Isi Ulang dekat dengan lokasi calon pelanggan atau dekat dengan perumahan kelas menengah kebawah. Karena masyarakat kelas menengah keatas jarang menggunakan Air Minum Isi Ulang. Lebih baik lagi kalau lokasi perumahan tersebut daerah yang sulit mendapatkan akses air PAM/Sumur.
  4. Lokasi Depot/Gerai Air Minum Isi Ulang harus berada dikawasan yang aman dari pencurian dan gangguan keamanan lainnya. Akan percuma lokasi strategis tetapi tidak aman.
  • Tentukan Pelanggan Bisnis Air Minum Isi Ulang
Setelah memperoleh lokasi yang strategis, maka langkah selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah menentukan siapa yang akan menjadi pelanggan bisnis ini. Anda harus melakukan analisa yang sangat mendalam tentang siapa dan berapa banyak pelanggan Bisnis Air Minum Isi Ulang kalau perlu lakuan survey lapangan. Kalau tidak banyak maka tidak perlu memulai bisnis ini. Jangan lupa untuk menghitung berapa banyak calon pelanggan harus juga memperhatikan berapa banyak pesaing dalam bisnis ini dilokasi yang sudah anda pilih tersebut.
  •  Analisa Perhitungan Bisnis Air Minum Isi Ulang
Langkah selanjutnya adalah melakukan analisa perhitungan untuk memulai Bisnis Air Minum Isi Ulang ini. Hal ini dilakukan untuk mengetahui berapa besar peluang anda dalam bisnis ini, apakah menguntungkan atau merugikan. Kalau menguntungkan silahkan lanjutkan, kalau merugikan silahkan pikirkan dengan matang sebelum melanjutkan Bisnis Air Minum Isi Ulang ini.
Contoh Analisa Perhitungan Bisnis Air Minum Isi Ulang adalah sebagai berikut :
Biaya Investasi meliputi :
  1. Sewa tempat
  2. Pembelian mesin air minum isi ulang.
  3. Pembelian Jetpam/penyedot air sumur, jika paket mesin air isi ulang tersebut tidak ada mesin penyedot air sumur.
  4. Renovasi tempat usaha/gerai/depot
  5. Pembelian Mebeleir (meja kursi untuk tempat usaha)
  6. Pembelian alat transportasi untuk mengantarkan air minum isi ulang ke pelanggan (berupa mobil/sepeda motor roda tiga/sepeda motor roda dua).
  7. Pembelian Alat pembangkit listrik/genset untuk daerah yang sering terjadi pemadaman listrik PLN
  8. Biaya perinjinan (SIUP, TDP dan perizinan lain) kalau menggunakan air sumur apakah memerlukan izin khusus.
Pendapatan Bisnis Air Minum Isi Ulang meliputi :
  1.  Penjualan Air Minum Isi Ulang secara langsung dimana pelanggan langsung datang ke depot/gerai anda.
  2. Penjualan Air Minum Isi Ulang dengan cara langgangan dimana anda secara rutin mengirimkan Air Minum Isi Ulang ke lokasi pelanggan, bisanya dalam jumlah yang cukup banyak/secara rutin.
Biaya Operasional Bisnis Air Minum Isi Ulang meliputi :
  1. Biaya listrik
  2. Biaya Air jika air berasal dari PDAM.
  3. Biaya tenaga kerja.
  4. Biaya marketing tools.
  5. Biaya bahan bakar untuk kendaraan transportasi.
  6. Biaya perawatan kendaraan
  7. Biaya Promosi
  8. Biaya bunga bank/pihak lain jika sumber pendanaan berasal dari pinjaman.
Apabila Pendapatan – Biaya Operasional –Biaya Penyusutan/Amortisasi Investasi = Positif maka silahkan lanjutkan bisnis anda, sebaliknya apabila hasilnya negatif silahkan pertimbangkan kembali untuk melanjutkan bisnis tersebut.
  • Tentukan Sumber Pendanaan Bisnis Air Minum Isi Ulang
Setelah anda yakin bahwa Bisnis Air Minum Isi Ulang ini secara bisnis menguntungkan untuk dijalankan. Maka hal yang penting lainnya adalah dari mana sumber pendanaan untuk memulai bisnis ini. Apakah dari milik sendiri atau pinjam pihak lain atau bekerja sama dengan pihak lain. Hal ini sangat penting karena menyangkut berapa besar biaya bunga yang harus ditanggung anda dalam menjalankan bisnis ini.
  • Tentukan Nama/Merk Bisnis Air  Minum Isi Ulang.
Langkah yang tidak kalah penting adalah menentukan apa Nama/Merk Bisnis Air  Minum Isi Ulang tersebut.
Yang harus diperhatikan untuk menentukan Nama/Merk Bisnis Air Minum Isi Ulang adalah :
  1. Nama/Merk Bisnis Air  Minum Isi Ulang tersebut tidak boleh sama dengan bisnis orang lain untuk menghindari gugatan hak cipta.
  2. Tentukan Nama/Merk Bisnis Air  Minum Isi Ulang tersebut yang menarik dan mudah diingat.
Tips Sukses Bisnis Air Minum Isi Ulang
  • Berani tampil beda.
Apabila disekitar lokasi Depot/Gerai Air Minum Isi Ulang telah terdapat bisnis yang sejenis. Maka berikan nilai lebih bisnis anda dibandingkan dengan pesaing lainnya seperti :
  1.  Menyediakan tempat yang nyaman untuk pelanggan yang sedang menunggu antrian.
  2.  Apabila pelanggan telah melakukan isi ulang dalam jumlah tertentu berikan hadiah atau diskon.
  3. Berikan pelayanan jemput bola, dimana pelanggan dapat menerima air minum isi ulang langsung diantar ke alamat.
  • Buat Data Base Pelanggan
Dengan adanya data base tersebut anda dapat mengetahui berapa kebutuhan pelanggan tiap bulan serta berapa jumlah pelanggan setiap bulan apakah naik atau turun.
  • Sesering mungkin melakukan pengujian Air sebagai bahan baku Air Minum Isi Ulang dan sampaikan hasil pengujian tersebut kepada pelanggan untuk membuktikan bahwa produk anda memang berkualitas tinggi.
Permasalahan Yang Dihadapi Bisnis Air Minum Isi Ulang
Dalam menjalankan Bisnis Air Minum Isi Ulang sering timbul permasalahan yang harus anda hadapi, yaitu antara lain :
  • Banyaknya pesaing yang terjun dalam Bisnis Air Minum Isi Ulang sehingga berakibat berkurangnya jumlah pelanggan
  • Adanya kampanye negatif terhadap Bisnis Air Minum Isi Ulang yang anda jalani.
  • Karena bisnis ini berhubungan dengan air, maka tempat usaha menjadi kotor sehingga harus selalu menjaga kebersihan tempat usaha.
  •  Apabila listrik hanya menggunakan listrik dari PLN, maka apabila ada pemadaman listrik bisnis bisa berhenti beroperasi.

0 komentar:

Posting Komentar