Berita Terbaru
Loading...
Rabu, 20 Mei 2015

Peluang Usaha Suplier Bahan Baku Makanan Olahan

08.33
Peluang Usaha Suplier Bahan Baku Makanan Olahan

Jumpa lagi di blog nekatusaha.com sudah agak lama kami tidak mengupdate artikel-artikel bisnis dalam beberapa minggu ini, dikarenakan kesibukan kami maka update artikel agak tertunda. Untuk kali ini kami akan mencoba membahas sebuah peluang usaha  yang cukup unik yaitu pensuplay bahan baku roti dan juga tape (makanan, manis dan asam) dan juga beberapa produk olahan lainnya.

Berawal tadi malam tanggal 19 mei 2015 ketika kami ngobrol di salah satu angkringan di Sleman Yogyakarta, kami bertemu dengan seseorang yang ketika dia ingin membeli produk dari bahan baku singkong (singkong goreng) dia bertanya kepada penjual angkringan tersebut, "Pak dimana biasanya ambil singkong metahnya? ada yang berwarna kuningkah?" nah dari situ kami langsugn bertanya, kenapa mas? memang sedang mencari singkong? ternyata mas yang satu ini pintar sekali memanfaatkan peluang bisnis yang ada di sekitar dia. Ketika tetangganya ada UKM yang membuat makanan tape yang bahan bakunya dari singkong, dia langsung mengambil kesempatan ini dan memanfaatkan ide usaha untuk menjadi suplier bahan bakunya yaitu singkong tersebut.

Dia cerita sekali ambil satu hari bisa 1 Ton, dimana dia mengambil per kilogramnya Rp.1400 dan bisa dijual ke UKm tersebut Rp.2200 jadi ada selirih Rp.800 rupiah /kg nya. Cukup menarik karena sebenarnya dia bis amengambil lebih dari 1 Ton perharinya dan jika memungkinkan bisa lebih dari itu namun memang karena terkendala dari petaninya maka dia belum bisa order lebih dari 2 tin per hari padahal UKM industri makanan olahan dari bahan baku singkong tersebut bisa menerima sangat banyak jika dia mampu.

Jika kita lihat dari sini perlu kita garis bawahi bahwa peluang usaha itu ada banyak di sekitar kita, selagi kita bisa kreatif dan mau berusaha mencari ide-ide bisnis dan usaha maka insyaAllah kita bisa menemukan hal serupa seperti kisah masnya yang kita ajak ngobrol di angkringan tersebut, dengan nada datar merendah beliau bilang "daripada nganggur mas ga ada kegiatan, lumayan" dari sini saja bisa kita lihat bahwa ini sebuah kesempatan yang cukup bagus dan sayang kjika di lewatkan.

Memanfaatkan beberapa kejadian ataupun bisnis orang lain yang ada disekitar kita dalam menggali ide bisnis bisa dilakukan, seperi kisah ini memang tampak mudah untuk dijalankan dan memang mudah hehe ..ketika kita mau mengajak kerjasama dengan UKM makanan olahan tersebut, dan kita berani dan mau mencari produsen/petani bahan baku singkong tersebut maka bisnispun bisa jalan pada akhirnya.

Untuk Anda semua yang ingin menggali bisnis usaha rumahan bisa saja meniru strategi masnya yang tadi, carilah industri UKM yang mengolah bahan baku makanan di sekitar Anda, cek dan teliti memakai bahan baku apa olahan mereka tersebut, silahkan cek apakah memungkinkan bagi Anda untuk mengambil kesempatan tersebut? jika memungkinkan kami rasa layak untuk dicoba. Selagi kita mau dan ingin serta terus berusaha dan berdoa insyaAllah akan bisa, poercayalah :)

Dalam waktu dekat kami akan update beberapa ide-ide bisnis lainnya denga lebih rutin, jangan lipa ya like fanspage facebook kami di atas website ini. Terima kasih semoga sukses !


0 komentar:

Posting Komentar