Berita Terbaru
Loading...
Jumat, 08 Mei 2015

Mengintip Peluang Usaha Ayam Kremes dan Cara Membuatnya

20.47
Mengintip Peluang Usaha Ayam Kremes dan Cara Membuatnya

Resep Ayam Kremes Enak dan Cara Membuat Ala Restauran


Cara Membuat Resep Ayam Kremes Spesial ala Restaurant. Salah satu masakan dan makanan yang paling populer adalah di dunia ini adalah daging ayam. Di negara kita, resep masakan yang banyak mengadung protein hewani juga banyak ditemukan hampir di semua wilayah Indonesia, seperti resep soto ayam, resep ayam penyet dan yang lainnya. Kali ini kita akan memberikan cara membuat ayam goreng kremes dan resep ayam kremes yang mudah di buat tetapi rasanya tetap enak dan crispy. Sebenarnya sih cara membuatnya hampri sama dengan ayam goreng yang lain, cuma disini yang paling penting adalah bumbu kremes dan cara membuat kremes nya.
Tidak hanya di negara kita, resep ayam juga banyak dijumpai dan digemari di negara negara lain di luar negara kita. Pasti teman teman tahu dong bagaimana populernya resep ayam goreng KFC dan resep ayam yang lainnya. Buat pecinta kuliner Indonesia pasti tidak asing lagi dong dengan beberapa macam resep ayam kremes yang sudah cukup terkenal, seperti resep ayam kremes suharti, ayam kremes mbok berek, ayam kremes kraton, ayam kremes tulang lunak Pak To dan ayam kremes kalasan. Ya selain rasanya yang enak dan bumbu kremesnya sangat terasa dan krispy sekali. Tetapi jangan salah lho, walaupun kelihatannya sulit ternyata kita juga bisa membuat sendiri ayam kremes yang enak ala resturant restauran terkenal tersebut dengan mudah dirumah asal tahu bahan dan bumbu ayam kremes yang digunakan yang akan kita berikan di bawah.
Bukan cuma dikarenakan rasanya yang enak, berbagai macam variasi resep ayam banyak dinikmati masyarakat kita juga dikarenakan bahan baku yang mudah untuk didapat. Selain itu harga daging ayam juga dibilang lebih murah daripada sumber protein hewani yang lain, seperti daging sapi atau daging kambing. Seperti membuat resep masakan ayam yang lain, untuk membuat resep ayam kremes yang enak juga bisa dibilang gampang gampang susah. Kunci utamanya adalah pemilihan bahan baku yang akan digunakan dan proses pengolahan ayamnya harus benar. Buat yang suka dengan tekstur dan rasa daging ayam kampung memang bisa menggunakan bahan baku dari ras ayam asli Indonesia ini, tetapi kalau mencarinya susah, menggunakan ayam potong juga masih bisa. Yang paling penting kedua jenis ayam tersebut benar benar masih segara supaya hasil akhir resep ayam goreng kremes nya enak dan cruncy.
Untuk membuat resep ayam kremes yang enak dan renyah sebenarnya ada dua cara. Untuk bumbu ayam kremes nya sih sama, cuma cara menggorengnya saja yang agak beda. Yang pertama adalah menggoreng daging ayam sendiri lalu membuat kremesnya dan kemudian ditaburi di atas daging ayamnya. Langkah kedua adalah memasukkan bumbu kremesnya terlebih dahulu baru kemudian ayam dimasukkan supaya daging ayamnya terselimuti oleh bumbu kremesnya. Selain itu, supaya hasil kremesnya sempurna, adonan kremes nya sebaiknya agak encer sehingga langsung menyebar ke penggorengan begitu dimasukkan ke wajan penggorengan. Jangan menggoreng kremes terlalu banyak supaya tidak menempel satu sama lain. Oke, untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bumbu ayam kremes dan cara membuat ayam goreng kremes di bawah.

resep ayam kremes enak
cara membuat resep ayam kremes

Bahan dan Bumbu Resep Ayam Kremes Enak Renyah

  1. Seperti namanya, bahan yang dibutuhkan adalah ayam segar yang bagus sebanyak 1 ekor. Bisa menggunakan ayam kampung lebih baik atau ayam potong juga boleh. Cuci bersih dan potong sesuai selera asal tidak terlalu kecil atau kurang lebih 4-6 potong per ekornya.
  2. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 6 pcs. Usahan menggunakan bawang merah lokal karena aroma dan rasanya lebih mantab. Kupas kulitnya dan nanti dihaluskan untuk bumbu ayamnya.
  3. Jinten kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil saja.
  4. Bawang putih ukuran sedang besar sebanyak kurang lebih 3 pcs saja.
  5. Ketumbar kurang lebih sebanyak satu sendok kecil atau sendok teh saja. Sangrai dulu sebelum dihaluskan.
  6. Merica biasa (butir) kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil saja.
  7. Garam secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak satu sendok kecil.
  8. Daun jeruk purut kurang lebih sebanyak 4 pcs ukuran sedang besar. Cuci bersih sebelum daun digunakan.
  9. Lengkuas ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang satu setengah jari orang dewasa. Cuci bersih dan memarkan supaya lebih meresap ke bumbu yang lain.
  10. Serai batang ukuran sedang kurang lebih satu saja. Cuci bersih dan memarkan sebelum digunakan.
  11. Daun salam kurang lebih sebanyak 2-3 lembar. Cuci bersih daunnya sebelum digunakan.
  12. Tepung kanji atau bahasa lainnya tepung tapioka kurang lebih sebanyak dua sendok makan saja.
  13. Baking powder sedikit saja atau kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil.
  14. Tepung beras kualitas bagus dan halus kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja untuk membuat kremesannya.
  15. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng.

Cara Membuat Ayam Kremes Enak

  1. Langkah pertama adalah membuat bumbu halusnya. Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar yang sudah disangrai, jinten, merica dan garamnya. Haluskan semua bahan sampai benar benar halus.
  2. Siapkan satu panci yang dalam dan beri air secukupnya untuk merebus atau mengungkep daging ayam kremesnya. Nyalakan kompor dengan api sedang saja.
  3. Masukkan semua bumbu yang sudah dihaluskan di atas beserta lengkuas yang sudah dimemarkan, daun salam, serai yang sudah dimemarkan juga dan daun salam. Aduk aduk supaya semua bahan tercampur dengan air dan meresap sempurna ke dalam dagingnya. Tunggu sampai ayam benar benar matang baru dimatikan.
  4. Angkat dan tiriskan ayam sebentar lalu saring air kaldunya untuk membuat adonan kremesnya. Rebus kembali kaldu supaya agak hangat dan mudah dicampur dengan bahan adonan lain.
  5. Ambil satu wadah agak besar. Masukkan tepung kanji, baking powder dan tepung berasnya untuk membuat adonan kremesnya.
  6. Aduk aduk supaya semua bahan tercampur rata lalu beri sedikit air upaya agak lembek.
  7. Masukkan larutan tepung diatas ke dalam kuah kaldunya dan aduk aduk supaya tercampur rata. Jangan terlalu kental dan agak encer saja. Tambahkan komposisi campuran tepung dan baking powder apabila diperlukan.
  8. Langkah menggoreng pertama. Siapkan penggorengan dan beri minyak agak banyak. Masukkan ayam dan goreng sampai daging ayam kremesnya matang dan berwarna agak kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  9. Masukkan adonan kremes sedikit saja ke dalam wajan penggorengan. Jangan terlalu banyak, kurang lebih satu sendok saja atau disesuaikan dengan besar kecilnya wajan yang digunakan lalu ditiriskan supaya sisa minyaknya hilang dan agak dingin.
  10. Ulangi sampai didapat jumlah kremes yang diinginkan lalu taburkan di atas daging ayam yang sudah digoeng terlebih dahulu.
  11. Langkah penggorengan kedua. Masukkan bumbu kremesnya terlebih dahulu lalu masukkan daging ayamnya (bumbu kremes nanti akan menyelimuti daging ayamnya). Tunggu sampai ayam matang dang angkat.
  12. Goreng sisa adonan kremes untuk ditambahkan dan ditaburkan di daging ayam nya.
Bagaimana menurut teman teman cara membuat ayam kremes diatas? Tidak terlalu susah kan dan teman teman tidak perlu membeli ayam goreng kremes dari restaurant terkenal untuk menikmati renyahnya ayam goreng kremes. Paling cocok ayam kremes ini dimakana bersama nasi putih yang masih panas dan sambal yang agak pedas serta dilengkapi dengan timun dan daun kemangi. Untuk ide memasak resep masakan ayam yang lain, silahkan mencoba cara membuat Ayam Kecap Spesial dan cara membuat Ayam Rica Rica



0 komentar:

Posting Komentar