Berita Terbaru
Loading...
Jumat, 08 Mei 2015

Keripik Nangka Solusi Usaha Pemanfaatan Buah di Sekitar Rumah

22.34
Keripik Nangka Solusi Usaha Pemanfaatan Buah di Sekitar Rumah

Buah Nangka | Jackfruit

Buah Nangka atau disebut juga Artocarpus heterophyllus adalah salah satu jenis buah yang paling banyak ditanam di daerah tropis. Buah nangka ini cukup terkenal di seluruh dunia, dikenal dengan sebutan “ jackfruit ”. Tanaman ini diduga berasal dari India selatan yang kemudian menyebar ke daerah tropis lainnya, termasuk Indonesia.

Keripik nangka sebenarnya sudah dikenal di Indonesia sejak lama, keripik nangka sering kita jumpai di beberapa gerai pusat oleh-oleh. Hal ini karena keripik nangka sangat cocok jika dijadikan oleh-oleh untuk keluarga.
Kandungan gizi buah nangka sangat banyak mulai dari energi (95Kcal 5%), karbohidrat (23,5g 18%), protein(1,72g 3%). Selanjutnya vitamin A (110 IU 3,5%), vitamin C (13.7 mg 23%), vitamin E (0,34mg 2%). Dan Sodium (3mg 0%), kalium (303mg 6,5%), kalsium (34mg 3,4%), zat besi (0.60mg 7,5%), magnesium (37mg 9%) dan fosfor (36mg 5%). Namun sebaiknya jangan berlebihan makan buah yang manis enak ini karena akan menimbulkan banyak pembentukan gas dalam perut, yang dapat menyebabkan perut mulas dan mencret.
Berdasar Sosok pohon dan ukuran Buah nangka
  1. Buah Nangka besar: tinggi mencapai 20-30 m, diameter batang mencapai 80 cm dan umur mulai berbuah sekitar 5-10 tahun.
  1. Buah Nangka kecil: tinggi mencapai 6-9 m, diameter batang mencapai 15-25 cm dan umur mulai berbuah sekitar 18-24 bulan.
Jenis-Jenis Buah Nangka berdasarkan Daging Buah
  1. Nangka bubur: daging buah tipis, lunak agak berserat, beraroma keras mudah lepas dari buah.
  2. Nangka salak: daging buah tebal, agak kering aromanya kurang keras. (nangka celeng dan nangka belulang).
  3. Nangka cempedak: daging buah tipis, liat dan beraroma harum spesifik.

CARA MEMILIH BUAH NANGKA UNTUK DIJADIKAN KRIPIK NANGKA

Untuk mendapatkan kripik nangka yang berkualitas kita juga harus memilih buah nangka dengan kualitas yang baik.Bagaimana caranya untuk memilih buah nangka yang baik?Berikut ini kami akan memberikan beberapa tipsnya :
1.Piliihlah buah nangka yang memiliki duri duri yang besar dan kalau bisa durinya berjarak. Kenapa?Karena itu menandakan bahwa buah nangka tersebut sudah tua.walaupun masih muda juga masih bisa di peram.
2.pililah buah memiliki bau yang harum,itu menandakan bahwa buah nangka tersebut sudah matang
3.jangan pilih buah nangka yang jarak durinya masih rapat karena itu menandakan bahwa buah nangka tersebut masih muda. Lebih baik pilih buah nangka yang sudah matang.
4.pukullah buah nangka dengan bendatumpul.jika terdengar suara buk  buk buk itu menandakan bahwa buah nangka tersebut sudah matang.
5.jika bunyinya nyaring itu menandakan bahwa buah nangka masih muda,dan lebih cocok diolah menjadi sayur nangka.
6.jangan memilih buah nangka yang terdapat lubang,karena itu menandakan bahwa buah nangka tersebut diserang ulat.biasanya sebagian dagingny asudah rusak.

Olahan Keripik Nangka

Keripik merupakan salah satu makanan ringan yang sangat digemari selain kerupuk. Keripik terbuat dari umbi-umbian, buah-buahan, atau sayuran yang digoreng menggunakan minyak nabati dan bersifat lebih awet karena memiliki kadar air yang rendah. Salah satunya buah nangka memiliki banyak sekali olahan dari menjadikannya puding, sayur, selai, es buah sampai olahan keripik nangka. Keripik nangka yang salah satunya bisa bertahan paling lama, dan juga memiliki aroma yang menggoda .
Cara Membuat Keripik Nangka
Bahan-bahan Cara Membuat Keripik Nangka :
  • buah nangka segar, tidak terlalu matang 1 kg
  • air 1½ liter
  • kapur sirih 100 gram
  • garam 75 gram
  • gula pasir 150 gram
  • minyak goreng 2 liter
Pembuatan Keripik Nangka
  1. Kupas buah nangka dan bersihkan kulit beserta, belah daging buah, lalu potong ujung-ujungnya.
  2. Rendam buah nangka dengan air larutan kapur sirih hingga 5 jam.
  3. Cuci bersih buah nangka kemudian tiriskan hingga benar-benar kering.
  4. Untuk membuatnya mengembang sebaiknya buah yang telah dicuci dijemur dulu selama 5 jam.
  5. Kemudian Masukkan ke dalam mesin vacum frying, dengan minyak yang dipanaskan pada suhu rendah tidak melebihi 90° Celcius.
  6. Goreng hingga matang dan buih pada minyak semakin mengecil atau berkurang, angkat dan tiriskan.
  7. Simpan keripik buah nangka ke dalam wadah atau plastik kedap udara supaya rasa renyah dan gurihnya tahan lama.
Catatan:
  1. Penambahan rasa pada keripik nangka dapat dilakukan sebelum buah nangka digoreng, kita bisa menambahkan gula pasir, garam atau madu.
  2. Bagi anda yang memiliki penyakit diabetes tidak disarankan untuk mengkonsumsi terlalu banyak, karena kandungan fruktosa dan glukosa yang terkandung di dalam buah nangka ini sangat tinggi.




0 komentar:

Posting Komentar